Minggu, 12 Januari 2020

10 Kesalahan Dalam Merakit PC



10 Kesalahan Dalam Merakit PC



Salah pemasangan pada jumper motherboard
Langkah yang harus di lakukan ialah cabut semua yang terpasang pada port I/O lalu bawa komputer ke daerah yang terang, buka casing dengan obeng yang tepat, dan cek jumpernya sesuaikan dengan yang tertera di manual book motherboard atau cek dengan obeng (-) kecil tiap dua jarum sambil komputer di aliri listrik.
Kesalahan Memasang RAM atau VGA
Dengarkan bunyi beep-nya biasanya terdengar bunyi beep panjang itu disebabkan karena salah dalam pemasangan RAM atau VGA Card coba cabut semua yang ada di port I/O, lalu bawa computer ke tempat terang dan buka casing. Cabut RAM dan VGA Card lalu bersihkan pin-nya dengan karet penghapus. Jika sudah pasang kembali RAM dan VGA Cardnya dan coba tes
 Kesalahan Pemasangan Kabel data untuk HardDisk
Pemasangan Kabel data untuk HardDisk yang tidak pas atau terbalik. Atau pengaturan posisi Master atau Slavepada HardDisk yang tidak tepat. Betulkan serta check pada jumper HardDisk untuk posisi Master/Slave dan cek dengan autodetect HardDisk pada BIOS
Pemasangan Kabel Data Disk Drive yang tidak pas atau terbalik
Pemasangan panel connector yang tidak tepat sehingga lampu Indicator untuk HardDisk dan Power On tidak aktif.
Masalah Pada Power Supply
setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala. kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya.
Masalah pada CMOS
u  Batrey CMOS Rusak / Lemah
u  Gejala : Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.
Masalah pada lampu front panel
Lampu IDE LED menyala terus atau tidak menyala sama sekali. Demikian juga dengan lampu power LED. Bila masalah ini muncul, kemungkinan terbesar masalahnya terletak pada kesalahan posisi kabel-kabel front panel casing yang terhubung ke motherboard.
CPU sering Hang
u  Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil.....sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal.
Komputer sering tampil blue screen.
u  Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak, Bisa dari Memory, Bisa dari hardisk, bisa dari komponen lainnya, tergantung pesan blue screen yang ditampilkan.
Masalah pada CD/ROM
u  . Masalah Pada CD/DVD/ROM/RW Tidak terdeteksi di windows
u  Gejala : Jika pada CD/ DVD/ ROM/ RW Tidak terdeteksi di windows ?
u  Solusi : Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Kesalahan Dalam Merakit PC

10 Kesalahan Dalam Merakit PC Salah pemasangan pada jumper motherboard Langkah yang harus di lakukan ialah cabut semua yang...